Senin, 08 Desember 2008

Tips menata lampu kamar mandi :)


Betah berlama-lama di kamar mandi bukanlah monopoli kaum perempuan tapi juga kaum pria. Setiap orang pun bisa kepincut berlama-lama di kamar mandi bila terasa nyaman dengan tata interior yang indah. Hal ini bisa diperoleh antara lain dengan bantuan pencahayaan yang tepat.

Pencahayaan ini juga dapat menghadirkan kemewahan tersendiri pada kamar mandi Anda. Selain lampu utama untuk menerangi kamar mandi secara keseluruhan, ikutilah kaidah teknik pencahayaan dalam ruangan pada umumnya seperti berikut ini:

“Task Lighting”

Sesuai dengan namanya, task lighting (pencahayaan setempat) digunakan untuk memberikan pencahayaan di tempat tertentu yang membutuhkan lebih banyak cahaya. Contohnya adalah memberi penerangan di dekat cermin di kamar mandi untuk membantu menerangi wajah saat berdandan,atau didalam lemari handuk.

Satu kesalahan yang sering terjadi saat memasang lampu di cermin adalah dengan memasangnya tepat di atas cermin. Alih-alih memberi penerangan, justru menimbulkan bayangan pada wajah yang menyulitkan untuk melihat wajah dengan baik. Untuk itu, pasanglah lampu di bagian kiri dan kanan cermin dengan jarak 36-40 inci yang dapat memberikan bias lampu yang tepat pada wajah.

Kedua lampu di sisi cermin ini juga cara yang tepat untuk menerangi kamar mandi sekaligus memberi efek kamar madi terlihat lebih luas, tapi pilih yang pencahayaannya soft.


Accent Lighting

Jenis penerangan ini lebih mengusung estetika dengan memberi penerangan pada titik tertentu sekaligus dapat menghadirkan kesan hangat di dalam kamar mandi. Misalnya untuk menerangi ornament patung atau tanaman di sisi bath tub yang dapat menambah kenyamanan saat Anda berendam di dalamnya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah:

Warna lampu. Sesuaikan dengan warna dominasi di kamar mandi Anda. Pada umumnya lampu yang digunakan untuk dekorasi adalah warna kuning.

Intensitas cahaya. Perhatikan intensitas cahaya yang digunakan, khususnya untuk task dan accent lighting yang tidak boleh terlalu terang atau gelap karena dapat merusak unsur seninya.Untuk kemudahan mengatur gelap terangnya cahaya, Anda dapat menggunakan jenis lampu dimmer switch.

Keamanan. Mengingat peletakan lampu di kamar mandi yang notabene merupakan tempat paling basah di rumah, pengaturan listrik harus dilakukan dengan baik untuk menghindari kemungkinan korslet atau bahakan tersetrum.gunakan alat selotip atau pengaman kabel seperti yang dijual di Hypermart, atau supermarket-supermarket terdekat (tenang aja, harganya terjangkau kok)


Selamat mencoba...... :)

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates