Senin, 10 Mei 2010

Undangan!

Aku tidak tertarik apa mata pencaharianmu!
Aku hanya ingin tahu apa yang kamu dambakan, dan apakah kamu berani memimpikan bertemu dengan pujaan hatimu.

Aku tidak tertarik berapa usiamu!
Aku ingin tahu apakah kamu mau mengambil risiko terlihat bodoh demi cinta, demi cita-cita, dan demi petualangan hidup sepenuhny.

Aku tidak tertarik planet apa yang menempati bulanmu!
Aku ingin tahu apakah kamu telah menyentuh pusat dukamu sendiri, jika kamu telah dibukakan oleh pengkhianatan hidup atau telah menjadi layu dan tertutup karna disakiti lagi!
Aku ingin tahu apakah kamu bisa duduk bersama rasa sakit, sakitku atau sakitmu, tanpa mencoba menyembunyikannya, atau memudarkannya atau memperbaikinya.
Aku ingin tahu apakah kamu bisa bersama sukacita, sukaku atau sukamu, jika kamu bisa menari dengan alam liar dan membiarkan keriangan mengisimu hingga ujung jemari kaki dan tanganmu tanpa mengingat keterbatasan manusia.

Aku tidak tertarik apakah cerita yang kamu kisahkan itu benar!
Aku ingin tahu apakah kamu bisa mengecewakan oranglain agar jujur pada dirimu, jika kamu dapat menanggung tuduhan pengkhianatan dan tidak mengkhianati jiwamu sendiri. Aku ingin tahu apakah kamu bisa setia dan karenanya dapat dipercaya. Aku ingin tahu apakah kamu dapat melihat keindahan meskipun tidak setiap hari itu elok, dan jika kamu dapat menyumberkan hidupmu dari kehadiran Tuhan.
Aku ingin tahu apakah kamu bisa hidup dengan kegagalan, gagalmu dan gagalku, dan tetap berdiri pada sisi danau dan berteriak kepada bulan keperakan,"Ya!"

Aku tidak tertarik pada tempat tinggalmu atau seberapa banyak uang yang kamu miliki!
Aku ingin tahu apakah kamu bisa bangkit setelah semalam berduka dan merana, lelah, babak belur, dan melakukan apa yang perlu dilakukan demi anak-anak.

Aku tidak tertarik siapa dirimu, atau bagaimana kamu bisa ada disini!
Aku ingin tahu apakah kamu mau berdiri ditengah api bersamaku dan tidak mundur teratur.

Aku tidak tertarik dimana atau apa atau dengan siapa kamu belajar!
Aku ingin tahu apa yang menjagamu dari dalam, saat segala hal berjatuhan.
Aku ingin tahu apakah kamu bisa sendirian bersama dirimu, dan apakah kamu benar-benar menyukai temanmu disaat-saat hampa.



Undangan, terilhami oleh Pemimpi Gunung Oriah, Tetua kaum Amerika Asli, Mei 1994

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates